Jumat, 28 Oktober 2016

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Keluarga

LKP FEC terpilih untuk mengikuti Bimtek Pendidikan Keluarga yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga dan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Bimtek dilaksanakan dari tanggal 25-27 Oktober 2016 bertempat di Hotel Sukajadi jalan Sukajadi Bandung.

Bimtek diikuti oleh sekitar 200 peserta se- Jawa Barat terpilih yang terdiri dari kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan pimpinan lembaga kursus dan pelatihan. Dari kabupaten Sumedang, lembaga kursus dan pelatihan diwakili oleh LKP FEC, LKP Generasi Prestatif dan LKP Gasfaro.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga merupakan direktorat baru di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUDNI dan DIKMAS) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Pedoman Bimtek Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Pada Satuan Pendidikan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016, keberhasilan Program Direktorat Pembinaan Keluarga sangat ditentukan oleh kemitraan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat sebagai trisentra pendidikan untuk membangun ekosistem pendidikan yang membutuhkan karakter dan budaya prestasi. Model jalinan kemitraan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat sebagai trisentra pendidikan adalah kemitraan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada peserta didik sehingga dapat memiliki karakter dan budaya prestasi.

Program Pendidikan Keluarga difokuskan pada pemberdayaan satuan pendidikan untuk menjalin kemitraan dengan orang tua serta meningkatkan kesadaran orang tua agar peduli dan terlibat dalam memajukan pendidikan anak-anak mereka untuk bekerjasama dengan satuan pendidikan dan masyarakat pegiat pendidikan. Dengan demikian, tercapai keharmonisan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, program pendidikan keluarga juga diarahkan pada pertumbuhan karakter yaitu pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah yang dimulai dari PAUD sampai jenjang SMA/SMK serta pendidikan non formal (kursus dan pelatihan, PKBM).

Pada tingkat pemerintah pusat, pembangunan pendidikan keluaga dikelola oleh Direktorat Pembinaan Keluarga, pada tingkat regional dilaksanakan oleh UPT PAUD dan DIKMAS, pada tingkat provinsi dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan pada tingkat kabupaten/kota dilaksanakan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dan lembaga/satuan pendidikan. Semua itu tujuannya adalah meningkatkan jalinan kerjasama dan keselarasan program pendidikan di sekolah, keluarga dan masyarakat sebagai trisentra pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan yang kondusif untuk menumbuh kembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik. Keluarga merupakan tempat pendidikan bagi anak manusia sedangkan orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama. Namun sayangnya tidak semua orang tua memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai tentang mendidik dan mendampingi pendidikan anak yang baik dan efektif sesuai dengan perkembangan fisik dan psikologis anak sehingga diperlukan kerjasama keluarga dengan satuan pendidikan dan masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan keluarga pada satuan pendidikan, secara khusus Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Bimtek Pendidikan Keluarga Pada Satuan Pendidikan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016.

Tujuan
Bimtek Pendidikan Keluarga ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi program pendidikan keluarga kepada satuan pendidikan meliputi PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF terpilih di Kabupaten/Kota terpilih di Jawa Barat.

Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan melalui Bimtek Pendidikan Keluarga yaitu adanya persepsi dan pemahaman yang sama peserta Bimtek dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan.

Narasumber/Fasilitator

  1. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga
  2. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
  3. Praktisi/Akademisi
  4. Tim Fasilitator
Materi Bimtek
  1. Kebijakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga oleh Direktur/Kasubdit Ditbindikkel
  2. Pleno materi 1: Mendidik Anak di Era Digital oleh Fasilitator Provinsi
  3. Pleno materi 2: Pengasuhan Positif oleh Fasilitator Provinsi
  4. Kelompok: Pelaksanaan Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan (Model Pengelolaan) oleh Fasilitator Provinsi
  5. Kelompok: Pelaksanaan Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan (Diskusi) oleh Fasilitator Provinsi
  6. Kelompok: Pelaksanaan Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan (Kelas Inspiratif/Pentas Kelas) oleh Fasilitator Provinsi
  7. Evaluasi Fasilitator oleh Fasilitator Pusat
  8. Refleksi dan Evaluasi oleh Fasilitator Pusat
Foto Kegiatan Bimtek Pendidikan Keluarga












0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman